Proposal Bisnis BAB 1
BAB I
PENDAHULUAN
A.
PENDAHULUAN
1. Latar
Belakang
Di daerah sekitar universitas atau
tempat kuliahDi daerah sekitar universitas atau tempat kuliah
sejenisnya banyak terdapat kos-kosan untuk para mahasiswa yang datang dari luar
daerah, terutama di kota pelajar yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta. Dan sangat
tidak mungkin apabila mahasiswa tersebut membawa mesin cuci dari rumahnya untuk
mencuci pakaian. Biasanya, ia hanya membawa ember untuk mencuci pakaian secara
‘manual’. Namun, mahasiswa semester pertengahan biasanya kesibukannya lebih
meningkat dari biasanya sehingga tidak ada waktu untuk mencuci pakaian. Bahkan,
mahasiswa yang tidak sibuk pun terkadang ada yang lebih memilih laundry
daripada harus mencuci pakaian sendiri
Oleh
karena itu kami berniat merintis usaha laundry yang lain dari pada yang lain,
dimana kami mengusung laundry yang bertemakan mahasiswa, yaitu sebuah layanan
jasa pencucian pakaian yang menyesuaikan harga dengan kantong mahasiswa tanpa
mengurangi sedikitpun kepuasan dan kualitas. Sistem pemangkasan harga tersebut
adalah sesuatu yang tidak mustahil selama keuntungan yang didapatkan adalah
keuntungan relative dan sifatnya kontinyu untuk kelangsungan usaha ini.
2. Tujuan
Tujuan didirikan usaha
Laundry
a. Memberikan
manfaat dari usaha laundry ini kepada konsumen
b. Terciptanya
masyarakat yang sadar akan pentingnya tempat penunjang kebutuhan sehari-hari
seperti usaha laundry ini.
c. Memasarkan
usaha laundry ini sebaik mungkin.
3. Data
a. Memanfaatkan
gaya hidup malas mencuci
b. Perubahan
gaya hidup dan
tuntutan kesibukan, banyak mahasiswa, karyawan, dan ibu rumah tangga, yang
tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian mereka, dan menyerahkannya pada
usaha laundry kiloan.
4. Fakta
a. Kondisi
cuaca saat ini yang
mengakibatkan pakaian sering lebih mudah menjadi kotor, bahkan dimusim
penghujan, dengan mencuci manual pasti akan sulit menjadi kering, oleh
karenanya banyak yang menyerahkan pakaian kotor mereka ke laundry-laundry
b. Trend
mencuci di laundry sudah menjadi bagian dari
gaya hidup masyarakat
B.
RINGKASAN
1.
Produk
Bisnis laundry merupakan
bisnis yang mengandalkan jasa, sehingga sangat penting untuk berorientasi pada kepuasan pelanggan.
Mendapatkan pelanggan yang loyal merupakan suatu keberhasilan bagi bisnis ini.
2.
Keunggulan
a.
Dapat mencuci kilat hingga 6 jam
sudah jadi
b.
Terdapat layanan antar jemput
c.
Pakaian yang di cuci sangat wangi
dan pewangi tidak mudah hilang
d.
Harga menyesuaikan dengan kantong
mahasiswa
e.
Promosi berkala dari “DPY’S LAUNDRY”
f.
Kami memberikan garansi
pencucian jika hasil cucian kurang rapi dan atau kurang bersih akan kami proses
kembali secara gratis dengan syarat & ketentuan
g.
Mesin yang kami gunakan
merupakan tekhnologi terbaru dikelasnya.
h.
Cucian hilang dan atau
rusak akibat dari pihak laundry atau akibat proses cuci maka akan kami ganti
lima kali dari ongkos cucinya dan atau sesuai dengan kondisi yang akan kami
tempuh kemudian.
C.
TENTANG
USAHA LAUNDRY
1. Gambaran
Trend Bisnis
Yang
menjadikan laundry kiloan ini special ialah harga jual jasa yang terjangkau,
kualitas baik, proses pencucian dipisah-pisah masing-masing konsumen (tidak
dicampur), layanan antar jemput, konsumen dapat memilih pewangi yang digunakan
sesuai selera, lokasi usaha yang mudah dijangkau konsumen, memiliki penampilan
yang berbeda, memberikan kemudahan transaksi bagi konsumen, serta memberikan
layanan cuci kilat hanya 6 jam sudah jadi.
2. Pemasaran
Wilayah
pemasaran yang kami pilih adalah di sekitar kampus-kampus yang berada di
kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya di dekat Kmpus Universitas negeri
yogyakarta dan Universitas Gajah Mada, kami memilih wilayah tersebut didasari
dengan meningkatnya permintaan pasar akan tempat-tempat jasa pencucuian pakaian
seperti usaha laundry ini. Kami akan hadir sebagai sarana yang dapat
mempermudah kebutuhan sehari-hari masyarakat sekitar khususnya mahasiswa. Namun
tidak menutup kemungkinan apabila kelak usaha ini dapat berkembang dengan
pesat, kami berniat untuk melebarkan sayap di lokasi-lokasi strategis lainnya.
3. Pelanggan
(konsumen)
Yang
menjadi target market adalah masyarakat dan mahasiswa pondokan sekitar kawasan
kampus kampus yang ada di kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya di dekat
Kmpus Universitas negeri yogyakarta dan Universitas Gajah Mada. Mengapa kami
memilih target pemasaran tersebut karena menurut analisis pasar yang ada
menunjukkan bahwa rata rata pelanggan yang berkunjung ke tempat layanan laundry
adalah sebagian besar dari kalangan mahasiswa dan masyarakat(ibu rumah tangga)
yang bertempat tinggal di sekitar kampus.
4. Pesaing
Persaingan terutama
berkaitan dengan kualitas mencuci, kerapian, dan kebersihan pakaian. Kami
menyadari bahwa usaha sejenis juga sudah cukup banyak di sekitar wilayah usaha,
namun melihat keluhan keluhan dari konsumen akan pelayanan dan kepuasan yang
diberikan maka kami melihat adanya peluang pasar dimana kami hadir sebagai
usaha laundry yang memiliki nilai special seperti harga jual jasa yang terjangkau, kualitas
baik, Proses pencucian dipisah-pisah masing-masing konsumen (tidak dicampur),
layanan antar jemput, konsumen dapat memilih pewangi yang digunakan sesuai
selera, lokasi usaha yang mudah dijangkau konsumen, memiliki penampilan yang
berbeda, memberikan kemudahan transaksi bagi konsumen, serta memberikan layanan
cuci
kilat hanya 6 jam sudah jadi.
5. Lokasi
dan Ukuran Bisnis
Berada di dekat
tempat pemukiman penduduk, seperti didepan kompleks perumahan, didaerah asrama
atau kost mahasiswa, atau berada dipinggir jalan utama. Dengan Luas ruang
minimum : (lebar) 4 m x (panjang) 5 m, dengan asumsi kebutuhan ruang sebagai
berikut:
- Ruang penerimaan
pelanggan sekaligus ruang tunggu
- Ruang pencucian
- Ruang pengeringan
- Ruang setrika atau
pengemasan
- Ruang administrasi
6. Pegawai
dan Perlengkapan yang diperlukan
Kami memiliki dua orang
karyawan yang siap melayani, antara lain pengerjaan dan cotumer service dan driver.
Adapun peralatan yang dibutuhkan yaiyu:
a. 2 unit Mesin Cuci
kapasitas 10 Kg dan 15 Kg dilengkapi dengan Spin
b. 1 unit Mesin
pengering / dryer kapasitas 12 Kg
c. 2 unit Setrika (setrika
biasa dan setrika uap)
d. 1 unit Timbangan
e. 2 unit meja setrika
f.
1 unit rak pakaian 4 tingkat
g. Chemical Laundry
(deterjen, softener, parfume laundry, dll)
h. Meja Frontline
i.
Keranjang Pakaian
D.
TUJUAN
BISNIS DARI ASPEK WAKTU
1. Tujuan
Jangka Panjang
Tujuan jangka panjang
dari Usaha Laundry adalah Menjadi salah satu usaha proffesional yang dikenal
oleh banyak orang, memperluas usaha untuk beberapa daerah, memiliki penghasilan
enam kali lipat dari awal peluncuran usaha.
2. Tujuan
Jangka Pendek
Tujuan jangka menengah
dari Laundry Meningkatkan pendapatan dari pelayanan dan Meningkatkan pendapatan
dari jasa pencucian dan konsumen pendapatkan pelayanan yang baik.
Proposal Bisnis BAB 1
Reviewed by dpy
on
April 18, 2020
Rating:
No comments: