SILABUS MATAKULIAH PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
SILABUS MATAKULIAH PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
MATAKULIAH :
BIMBINGAN KARIER (KEJURUAN)
KODE :
PTM 101
SKS : 1 (TEORI)
- RASIONAL
Banyak masalah yang dihadapi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK),
khususnya baik sewaktu sedang belajar di sekolah maupun setelah lulus untuk
mendapatkan pekerjaan. Salah satu masalah tersebut pada umumnya adalah
kurangnya pemahaman terhadap dirinya sendiri maupun terhadap informasi dunia
kerja, sehingga timbul kesenjangan antara potensi diri sendiri siswa dengan
dunia kerja. Bimbingan karier diharapkan dapat mengurangi kesenjangan tersebut,
sehingga lulusan siap untuk memasuki dunia kerja.
- TUJUAN
Matakuliah ini membahas tentang pengembangan karier yang meliputi
kesadaran , eksplorasi, pemantapan, dan penentuan
karier.
- DESKRIPSI MATAKULIAH
Matakuliah ini akan mengemukakan arti, fungsi, tujuan dan cakupan
Bimbingan Karier pada umumnya, faktor-faktor yang mempengaruhi perlunya
bimbingan karier, asumsi dan prinsip dasar bimbingan karier, inventori yang
meliputi pendataan siswa dan teknik-teknik pengumpulan data siswa, informasi
yang meliputi informasi pekerjaan, sumber informasi pekerjaan, metode untuk
mempresentasikan informasi pekerjaan, teori pemilihan pekerjaan dan
pengembangan karier, teknik konseling, penempatan kerja dan follow up,
organisasi-administrasi-evaluasi bimbingan kejuruan, dan teknik pembuatan
lamaran/studi lebih lanjut.
- PRASYARAT
Tidak ada
prasyarat.
- SKEMA KERJA
No
|
TOPIK
|
URAIAN
|
1
|
Pendahuluan
|
Menyampaikan garis besar perkuliahan,
overview, penjelasan presensi, tugas, ujian evaluasi, dll.
|
2
|
Arti,
fungsi, tujuan dan cakupan bimbingan karier.
|
Arti,
fungsi, tujuan dan cakupan bimbingan kejuruan pada umumnya dan bimbingan
karier pada khususnya.
|
3
|
Bimbingan
karier sebagai komponen penting pendidikan kejuruan
|
· Arti pendidikan karier
· Fase-fase pendidikan karir
·
Pendidikan karier salah satu fase pendidikan kejuruan
·
Bimbingan karier sebagai komponen penting kejuruan
|
4
|
Faktor-faktor yang mempengaruhi perlunya
bimbingan karier
|
· Kemajuan teknologi
· Pergeseran struktur ekonomi
· Pergeseran peran wanita
· Kekurangmampuan diri siswa
· Pengangguran, dsb.
|
5
|
Asumsi
dan prinsip dasar bimbingan karier
|
Asumsi
yang berkaitan dengan perbedaan individu, pekerjaan, pemilihan pekerjaan,
pendidikan kejuruan, prosedur dan pelayanan bimbingan karier, dan
administrasi bimbingan karier di sekolah.
|
6
|
Pendataan siswa
|
Jenis data (informasi) siswa yang
diperlukan
|
7
|
Teknik pengumpulan data siswa
|
ü Catatan individu
ü Catatan kumulatif
ü Sosiogram
ü Otobiografi siswa
ü Tes terstandar
ü Kontak personal secara langsung
|
8
|
Informasi pekerjaan
|
o
Mengapa perlu studi pekerjaan/okupasi ?
o
Apa yang seharusnya konselor ketahui tentang pekerjaan ?
o
Apa yang seharusnya siswa ketahui tentang pekerjaan ?
|
9
|
Ujian tengah semester
|
-
|
10
|
Sumber informasi pekerjaan
|
§ Tertulis (berita pasar kerja, media massa, pengumuman, dsb.)
§ Instansi
§ Orang
|
11
|
Metode presentasi informasi pekerjaan
|
Intra-ko-ekstra kurikuler yang meliputi :
kuliah, studi lapangan, pengumuman, nara
sumber, dsb.
|
12
|
Teori
pemilihan pekerjaan dan pengembangan karier
|
Pemuasan kebutuhan
Hoppock’s composite theory
Vocational development theory
|
13
|
Teknik Bimbingan
|
§ Individual
§ Kelompok
|
14
|
Penempatan kerja dan follow up
|
·
Pentingnya penempatan kerja
dan follow up
·
Tugas unit penempatan
·
Kaitan unit penempatan dengan
instansi lain (dunia kerja)
·
Follow up (tracer study)
|
15
|
Organisasi,
administrasi, dan evaluasi bimbingan karier
|
·
Organisasi bimbingan karier
·
Administrasi bimbingan karier
·
Evaluasi bimbingan karier
|
16
|
Teknik-teknik membuat lamaran
|
Melamar pekerjaan
Melamar studi lanjut
|
SILABUS MATAKULIAH PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
Reviewed by dpy
on
March 28, 2015
Rating:
No comments: