RPP Mesin Frais (Kompleks) - pengefraisan rack
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMK Negeri 2 Klaten
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan Teknik Permesinan
Kelas/semester : XII TPM A & B/ 5 & 6
Kode kompetensi : 014KK13
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Standar
Kompetensi : Melakukan Pekerjaan dengan
Mesin Frais (Kompleks)
Kompetensi Dasar : Melakukan Pengefraisan Benda Rumit
Indikator : pengefraisan rack dengan
perhitungannya
Karakter :
Teliti, kerjasama, menghargai pendapat oranglain, percaya
diri, Cermat dan terampil.
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah Pembelajaran diharapkan
siswa mampu :
1. Siswa dapat memahami macam-macam
roda gigi
2. Siswa dapat memahami perhitungan rack
dan gear
B.
Materi
Pembelajaran
1. Macam-macam roda gigi
2. Perhitungan rack dan gear
C.
Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Demonstrasi
4. Penugasan individu
D.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
|
Metode
|
Domain
|
Karakter
|
|
Pendahuluan
15
menit
|
Memberikan salam, berdoa sebelum
memulai Peraktik dan mengecek kesiapan siswa dan Absensi
|
Tanya
jawab
|
Afeksi
|
Ketakwaan
|
Apresiasi untuk menciptakan
situasi belajar yang kondusif
|
Ceramah
|
Afeksi
|
Kedisiplinan
|
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
Ceramah
|
Kognitif
|
Motivasi
|
|
Menyampaikan ruang lingkup materi
job sheet
|
Ceramah
|
Kognitif
|
Motivasi
|
|
Kegiatan Inti
60
menit
|
Menjelaskan
pentinggnya keselamatan kerja.
|
Ceramah
|
Kognitif
|
Keaktifan
|
Menjelaskan
penggunaan alat sesuai dengan fungsinya.
|
Ceramah
|
Kognitif
|
Keaktifan
|
|
Mendemonstrasikan
pemotongan benda kerja
|
Demonstrasi
|
Psikomotor
|
Terampil
|
|
Mendemonstrasikan
penggunaan mesin konvensional.
|
Demonstrasi
|
Psikomotor
|
Terampil
|
|
Memberikan
tugas pribadi kepada siswa
|
-
|
Psikomotor
|
Terampil dan cermat
|
|
Kegiatan Penutup
15
menit
|
Melakukan
refleksi bersama terhadap peraktik yang sudah dilakukan
|
Ceramah
|
Kognitif
|
Cermat
|
Memberikan
penjelasan tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
|
Ceramah
|
Kognitif
|
Tanggung jawab
|
|
Mengakhiri
proses pembelajaran dengan do’a dan salam
|
Tanya
jawab
|
Afeksi
|
Tanggung jawab
|
E.
Sumber dan alat Pembelajaran
1. Semua alat mesin konvensional yang
ada di bengkel mesin
2. Widarto.2008.Teknik Pemesinan.Direktorat Pembinaan
Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta.
F.
Penilaian
1. Siswa yang aktif
2. Siswa yang mempunyai ktrampilan
tinggi
RPP Mesin Frais (Kompleks) - pengefraisan rack
Reviewed by dpy
on
March 27, 2015
Rating:
No comments: