RPP Mesin Frais (Kompleks) - pengefraisan benda presisi yang rumit
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMK Negeri 2 Klaten
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan Teknik Permesinan
Kelas/semester : XII TPM A & B/ 5 & 6
Kode kompetensi : 014KK13
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Standar
Kompetensi : Melakukan Pekerjaan dengan
Mesin Frais (Kompleks)
Kompetensi Dasar : Melakukan Pengefraisan Benda Rumit
Indikator : pengefraisan benda presisi
yang rumit menggunakan meja
universal
Kepala pembagi, dengan menggunakan perhitungan sudut
Karakter :
Teliti, kerjasama, menghargai pendapat oranglain, percaya diri, Cermat dan
terampil.
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah Pembelajaran diharapkan
siswa mampu :
1. Siswa dapat memahami prinsip kerja
kepala pembagi
2. Siswa dapat memahami perhitungan
pembagian sudut.
B.
Materi
Pembelajaran
1. Kepala pembagi.
2. Perhitungan sudut
C.
Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Penugasan Individu
D.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
|
Metode
|
Domain
|
Karakter
|
|
Pendahuluan
15
menit
|
Memberikan salam, berdoa sebelum
memulai Pelajaran dan mengecek kesiapan siswa dan Absensi
|
Tanya
jawab
|
Afeksi
|
Ketakwaan
|
Apresiasi untuk menciptakan
situasi belajar yang kondusif
|
Ceramah
|
Afeksi
|
Kedisiplinan
|
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
Ceramah
|
Kognitif
|
Motivasi
|
|
Menyampaikan ruang lingkup materi
dan kegiatan pembelajaran.
|
Ceramah
|
Kognitif
|
Motivasi
|
|
Kegiatan Inti
60
menit
|
Menjelaskan
macam-macam kepala pembagi
|
Ceramah
|
Kognitif
|
Keaktifan
|
Menjelaskan
prinsip kerja dan penggunaan kepala pembagi.
|
Ceramah
|
Kognitif
|
Keaktifan
|
|
Menjelaskan
perhitungan pembagian sudut
|
Ceramah
|
Kognitif
|
Keaktifan
|
|
Memberikan
kesempatan bertanya kepada siswa
|
Tanya
jawab
|
Kognitif
|
Keaktifan
|
|
Memberikan
tugas pribadi kepada siswa
|
-
|
Kognitif
|
Kedisiplinan dan cermat
|
|
Menyimpulkan
pembelajaran
|
Tanya
jawab
|
Kognitif
|
Percaya diri
|
|
Kegiatan Penutup
15
menit
|
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
|
Ceramah
|
Kognitif
|
Cermat
|
Memberikan
penjelasan tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
|
Ceramah
|
Kognitif
|
Tanggung jawab
|
|
Mengakhiri
proses pembelajaran dengan do’a dan salam
|
Tanya
jawab
|
Afeksi
|
Tanggung jawab
|
E.
Sumber dan media Pembelajaran
1. LCD
2. Proyektor
3. Papan tulis
4. Spidol
5. Harun.
1981.Alat-alat Perkakas 3.Bina cipta.
Bandung.
F.
Penilaian
Soal Test
1. Jika kita membuat persegi 6 pada
benda silindris maka jelaskan bagaimana proses pembuatan dengan menggunakan
mesin frais?
2. Sebuah benda akan di bagi menjadi 30o,
maka berapa kepala pembagi harus di putar?
RPP Mesin Frais (Kompleks) - pengefraisan benda presisi yang rumit
Reviewed by dpy
on
March 27, 2015
Rating:
No comments: