RPP Mesin Frais (Kompleks) - deferensial
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMK Negeri 2 Klaten
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan Teknik Permesinan
Kelas/semester : XII TPM A & B/ 5 & 6
Kode kompetensi : 014KK13
Alokasi Waktu : 2 (6 x 45 menit)
Standar
Kompetensi : Melakukan Pekerjaan dengan
Mesin Frais (Kompleks)
Kompetensi Dasar : Melakukan Pengefraisan Benda Rumit
Indikator : pengefraisan benda
presisi yang rumit menggunakan meja
universal Kepala pembagi, deferensial
Karakter :
Teliti, kerjasama, menghargai pendapat oranglain, percaya diri, Cermat dan
terampil.
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah Pembelajaran diharapkan
siswa mampu :
1. Siswa dapat memahami prinsip kerja
kepala pembagi
2. Siswa dapat memahami perhitungan
pembagian tak langsung pada kepala pembagi.
B.
Materi
Pembelajaran
1. Kepala pembagi.
2. Perhitungan tak langsung (deferensial)
C.
Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Penugasan Individu
D.
Kegiatan Pembelajaran Hari Pertama
Kegiatan Pembelajaran
|
Metode
|
Domain
|
Karakter
|
|
Pendahuluan
15
menit
|
Memberikan salam, berdoa sebelum
memulai Pelajaran dan mengecek kesiapan siswa dan Absensi
|
Tanya
jawab
|
Afeksi
|
Ketakwaan
|
Apresiasi untuk menciptakan
situasi belajar yang kondusif
|
Ceramah
|
Afeksi
|
Kedisiplinan
|
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
Ceramah
|
Kognitif
|
Motivasi
|
|
Menyampaikan ruang lingkup materi
dan kegiatan pembelajaran.
|
Ceramah
|
Kognitif
|
Motivasi
|
|
Kegiatan Inti
60
menit
|
Menjelaskan
macam-macam kepala pembagi
|
Ceramah
|
Kognitif
|
Keaktifan
|
Menjelaskan
prinsip kerja dan penggunaan kepala pembagi.
|
Ceramah
|
Kognitif
|
Keaktifan
|
|
Menjelaskan
perhitungan pembagian tidak lagsung pada kepala pembagi.(Difrensial)
|
Ceramah
|
Kognitif
|
Keaktifan
|
|
Memberikan
kesempatan bertanya kepada siswa
|
Tanya
jawab
|
Kognitif
|
Keaktifan
|
|
Memberikan
tugas pribadi kepada siswa
|
-
|
Kognitif
|
Kedisiplinan dan cermat
|
|
Menyimpulkan
pembelajaran
|
Tanya
jawab
|
Kognitif
|
Percaya diri
|
|
Kegiatan Penutup
15
menit
|
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
|
Ceramah
|
Kognitif
|
Cermat
|
Memberikan
penjelasan tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
|
Ceramah
|
Kognitif
|
Tanggung jawab
|
|
Mengakhiri
proses pembelajaran dengan do’a dan salam
|
Tanya
jawab
|
Afeksi
|
Tanggung jawab
|
E.
Kegiatan Pembelajaran Hari Kedua
Kegiatan Pembelajaran
|
Metode
|
Domain
|
Karakter
|
|
Pendahuluan
15
menit
|
Memberikan salam, berdoa sebelum
memulai Pelajaran dan mengecek kesiapan siswa dan Absensi
|
Tanya
jawab
|
Afeksi
|
Ketakwaan
|
Apresiasi untuk menciptakan
situasi belajar yang kondusif
|
Ceramah
|
Afeksi
|
Kedisiplinan
|
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
Ceramah
|
Kognitif
|
Motivasi
|
|
Menyampaikan ruang lingkup materi
dan kegiatan pembelajaran.
|
Ceramah
|
Kognitif
|
Motivasi
|
|
Kegiatan Inti
60
menit
|
Membahas
Hasil Tugas Pribadi Siswa
|
Tanya
Jawab
|
Psikomotor
|
Keaktifan
|
Menjelaskan
perhitungan pembagian tidak lagsung pada kepala pembagi. (difrensial)
|
Ceramah
|
Kognitif
|
Keaktifan
|
|
Memberikan
kesempatan bertanya kepada siswa
|
Tanya
jawab
|
Kognitif
|
Keaktifan
|
|
Menyimpulkan
pembelajaran
|
Tanya
jawab
|
Kognitif
|
Percaya diri
|
|
Kegiatan Penutup
15
menit
|
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
|
Ceramah
|
Kognitif
|
Cermat
|
Memberikan
penjelasan tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
|
Ceramah
|
Kognitif
|
Tanggung jawab
|
|
Mengakhiri
proses pembelajaran dengan do’a dan salam
|
Tanya
jawab
|
Afeksi
|
Tanggung jawab
|
F.
Sumber dan media Pembelajaran
1. LCD
2. Proyektor
3. Papan tulis
4. Spidol
5. Harun.
1981.Alat-alat Perkakas 3.Bina cipta.
Bandung.
G.
Penilaian
Soal Test
1. Jika sebuah bahan akan di buat roda
gigi yang giginya sebanyak 97 gigi, maka pemutar kepala pembagi itu setiap
pergantian bagian yang di frais harus di putar? Jelaskan pula? (diferensial)
2. Jika sebuah bahan akan di buat roda
gigi yang giginya sebanyak 127 gigi, maka pemutar kepala pembagi itu setiap
pergantian bagian yang di frais harus di putar? Jelaskan pula? (deferensial)
RPP Mesin Frais (Kompleks) - deferensial
Reviewed by dpy
on
March 27, 2015
Rating:
No comments: